Yonny

Yonny adalah teman satu jurusan dibawah naungan teknik elektro ITB (walaupun berbeda sub jurusan). Jujur saya tidak ingat tepatnya kapan saya berkenalan dengan dia, but it doesn’t matter. Kami pernah terlibat bekerja bersama di berbagai kegiatan BP HME ITB 2008/2009 dan HME ITB 2009/2010. Ketika itu Yonny mengemban amanah sebagai Senator HME dan saya berada di Badan Pengurus. More than that, kami pernah tergabung dalam sebuah grup band bersama Aban dan Fikri (even pada akhirnya saya harus menerima kenyataan terdepak dari grup band tersebut :p).

Yonny merupakan makhluk yang original. Kalau ada pepatah mengatakan “be yourself”, Yonny sudah melakukannya. He is being himself. Jarang-jarang ada manusia yang membuat sendiri kaos berslogan JM, merepresentasikan Jason Mraz, John Mayer atau Joni Maulana (gabungan antara Yonny dan Armand). Yang membuat saya kagum, Yonny selalu menebarkan aura positif di sekitarnya sesulit apapun masalah yang sedang menerpa. Yup, aura optimisme, passion, semangat dan canda tawa (walaupun banyak garingnya). Yonny merupakan orang yang supel, berteman dengan siapapun dan dapat bekerja dalam tim dengan baik.

Fitrian Pambudi – Presiden Himpunan Mahasiswa Elektroteknik ITB 2009/2010

Hmm, kalo dipikir-pikir ternyata udah kenal sama Yonny lama juga ya. Dari SD sampe sekarang berarti udah sekitar 18 tahun. Haha. Eniwei beberapa hal tentang Yonny, terutama tentang karakter dan sifatnya. Sekilas karakternya terlihat keras. Sebenarnya bukan keras sih, tetapi memegang teguh prinsip. Jadi kalau ada sesuatu yang ga sesuai dengan prinsip yang dipegang ya langsung diutarakan dengan cukup blak-blakan. Jadi kalo buat orang yang belum begitu kenal kadang keder, tapi kalo udah tau aslinya ya nyantai aja. Masih terkait dengan sifatnya di nomor (1), menurutku pribadi kadang kebawa ke hal-hal sepele keseharian. Contoh: mengidolakan Armand Maulana dari cara nyanyi, pakaian, sampai model rambut (masih ngakak inget komentar Agil “kok dikeriting lagi Yon??”). Ga suka pedes, jadi ada cabe dikit aja ogah, ketemu duren ato mangga langsung kabur, bahkan masih inget sempat cepet-cepet keluar dari resto singgah tempat makan pas study tour SMA gara-gara disetel lagunya peterpan. Haha.. tapi gapapa lah jadi orang kalo terlalu lurus juga ga asik. Peace Yon.. :p. Well, musik udah jadi bagian dari gaya hidup dari kecil. Sama bro! Termasuk tipe target achiever. Pasang target ato misi dengan deadline tertentu, dan menggunakan segala daya upaya untuk mencapainya. Walau mungkin kadang beberapa meleset tapi effort is all that matter. Salah satunya ya mission 2013 yang terakhir ini, Hehe. Loyalitas tinggi pada sahabat. Ga usah ditanya buktinya apa, udah keliatan kan temennya dimana-mana. Family man. Tapi mungkin ga semua orang tau sisi Yonny yang ini. Cerdas, rasional, mampu membawa diri. Melankolis.

Bramianha Adiwazsha – Teman Yonny se-SD, SMP, SMA, dan ITB

Yang terlintas pertama adalah PELIT. Kayaknya hampir semua yang kenal akan mengatakan begitu. hehehe. Sebenarnya Yonny itu unik, kadang kala dia itu baik dan sangat melow, tapi seringkali keras kepala dan terlihat arogan. Jika diibaratkan sesuatu, dia itu kayak es, coba panaskan dan biarkan sedikit lebih lama, dia akan mencair, tapi ketika dingin dan kondisinya terus dijaga seperti itu dia akan tetap menjadi es dan bahkan semakin keras. Orang lebih sering melihat sisi es ketika menjadi es batu.

Anita Faradilla – Sahabat Yonny sejak SD

Apakah anda kenal yonny? Atau jika belum kenal setidaknya tahu orangnya? Ya, namanya Yonny Septian Izmantoko. He’s one of wonderful persons that I’ve met. (curiga Yonny jadi nggak bisa pakai helm habis baca ini). He’s a multitalented person, cheerful, and also has high optimism in his life. He’s a rare person, I think. He also has a big big big dream, full of confidence too. He has curly hair, dark skin, and too thin body. Hahaha, peace Yon. He’s ever called as a ‘Pelit’ person too. As his seven-years friend, I have so many story about him .Since I’m not a writer, I will tell if you ask me directly. Hehe. At last, wish he become a great  and successful person in the future.

Lilian Maya Angela – Teman se-SMA dan se-Elektro ITB

“Yonny itu salah satu Jagoan keren waktu di Korea. Jagoan ngoding, bikin lagu dan juga ngajar elmu2 English buat teman2 TKI di Korea. Doi juga masih nyempetin diri untuk aktiv di PERPIKA (Persatuan Pelajar Indonesia di Korea). Berada di sekitar Yonny berarti asik, ketawa ketiwi, makan kenyang dan jalan2 puas sambil foto2 😀
Joni, sukses terus ya Nak, ditunggu lagu2 cetar membahananya mengudara, xixixi…”

Andy Tirta – eks Presiden Perpika (Persatuan Pelajar Indonesia di Korea Selatan)

Yonny yang slama ini saya kenal itu orangnya perfeksionis, tanggung jawab, dan pekerja keras. Teman dalam ngebuat target-target (apalagi saat2 TA bareng) dan motivator juga buat ngewujudin itu semua. Orangnya pantang menyerah dan selalu penasaran kalau ‘mentok’ karena  menurut dia selalu ada solusi dalam setiap permasalahan. Dia juga orang yg visioner. Masih inget banget dulu jaman2 KP biomedik bareng sekelompok trus tiba2 dia nanya ke semuanya “mau nikah umur brapa?”, “mau honeymoon dimana?”, dll. Hahaha, akhirnya jadi juga ya yon, alhamdulillah! Ikutan seneng! Semoga jadi keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah. Jadi pasangan yang selalu dirahmati Allah SWT dan saling mendukung dan berbagi di kala senang maupun susah yaa :”)

Amy Hadiastuti – teman se-Biomedik ITB dan partner pengerjaan Tugas Akhir

Yonny itu dewasa,super duper pandai, bisa main alat musik apa saja, bisa pelajaran apa saja, bisa bahasa pemrograman apa saja. Dia multi talenta banget. Kalau sama teman dia tipikal yang cuek tapi selalu ada effort untuk menjaga persahabatan. Dan, Yonny suka pelit juga. Haha

Bondhan Tunjung Laksono – Geng Suhendroz

Yonny itu pekerja keras, teguh pendirian, optimistis, dan cerdas

Akmal Mukhibbin – Geng Suhendroz

Armand Maulana’ fan pastinya. Sering juga menirukan gaya vokalnya yang agak “ngeden”. Jadi kebelet…
Suka ngebuuuuuutttt…. kalo dia yang nyetir mobil  jangan harap bisa bisa duduk dengan tenang. Kalo bisa pasang sabuk pengaman kenceng-kenceng sambil baca doa aja dan jangan liat depan. Sering juga masuk rel kereta buat ngejar gerbong terakhir. Ahahahahaha…
Tapiii… di sisi lain dia adalah temen yang enak diajak maen. Temen yang asik diajak ngobrol penting atau ga penting sama sekali. Pokoknya asik aja deh…. Ahahahaha…

Kharisma Prima Dewa – Geng Suhendroz

Yonny dan saya pernah menghabiskan masa SMA bersama-sama. Saat itu bisa dibilang kami adalah “konco kenthel” (teman akrab). Bicara tentang Yonny tentu saja ada banyak hal yang saya ingat namun akan saya “bongkar” beberapa diantaranya saja.

Yang pertama yang langsung saya ingat, Yonny adalah driver yang cukup edan dan nekat. Bertobatlah Yon, kamu tidak boleh seperti itu selamanya, huahahaha :)). Saat itu kami berdua memang lagi seneng-senengnya nyetir karena baru bisa. Berbagai tempat di Solo dan sekitarnya pun sudah kita jelajahi bersama mulai dari sekedar Tawang mangu, Janti, Krakal, Baron, Sundak, Jogjakarta, sampai dengan tempat-tempat yang sama sekali jauh dari Solo seperti Bandung dan Dufan.

Yang kedua, Yonny ternyata memiliki bakat musik yang cukup menonjol. Tidak pernah saya lupakan saat di SMA dulu kami pernah main band bersama-sama. Bedanya kalau bakat musik Yonny dari hari ke hari tetap konsisten bahkan makin meningkat, saya justru sudah meninggalkan dunia musik (halahhh).

Yang ketiga, Yonny adalah tipe orang yang sama sekali bukan penghafal. Dia lebih banyak menggunakan logikanya untuk menyelesaikan beberapa persoalan. Sampai-sampai saat itu dia MENJULUKI DIRINYA SENDIRI sebagai Analog (Anak Logika). Meskipun julukan ini adalah julukan yang diciptakannya sendiri untuk dirinya sendiri, namun menurut saya cukup relevan sih,,,,Ke-analog-an nya Yonny ini terbukti manakala dia berhasil lulus dari kampus ganesa dengan tepat waktu, yang ini memang butuh lebih dari sekedar logika.

Yang keempat, Yonny (dan juga keluarganya) menurut saya cukup agamis. Bahkan bisa menginspirasi saya untuk jadi lebih agamis dibandingkan saat SMA dulu (terima kasih Yon, Monique, Tante Lies dan Alm. Om Har)

Well, sebenarnya masih banyak lagi yang belum saya ungkapkan tapi nampaknya 4 yang diatas ini sudah bisa dipakai untuk mencalonkan diri sebagai Caleg Dapil Singopuran :))

Herdadi Supriyo Parbowo – Geng Suhendroz, ex Kahim HIMATEK ITB 10/11

Overall Yonny itu pria baik-baik yg nggak neko-neko, punya jiwa pemimpin, tegas, pede, mau berusaha dengan keras, visioner, multitalented, a good friend, dan kelihatannya cukup taat beribadah. Sisi lainnya, dia nampak sombong, somehow kelihatan tendensi untuk show off, sedikit kaku, melankolis galau (which is fine), cenderung dominan (tapi nggak tahu kalau ke pasangan bagaimana, mudah2an sih lebih fleksibel)

Arresty Wahyu Andhini – teman berkesenian Jawa di PSTK ITB

Testimoni untuk Yonny yang saya kenal:

Yonny itu sederhana, low profile, tidak sombong
Teman yang baik, ramah, supel, suka menolong, mudah bergaul dengan siapa aja. really good friend!
Berpikir ke depan. punya harapan dan cita-cita yang ingin diraih. btw saya masih menanti-nanti kabar rilis album joni maulana bertitel one-man-band 😀
Setelah menikah nanti, saya jadi penasaran, apakah yonny akan mempublikasikan visi hidupnya lagi beberapa tahun ke depan. dengan partner hidup yang setia menemani, tampaknya tujuan-tujuan hidupnya bakal lebih mudah teraih. Literally bertanggungjawab. Yonny has his own style!

Muhamad Zamroni – eks Lurah PSTK ITB

Mas Yonny itu, Berdedikasi tinggi, dalam karir, organisasi, maupun percintaan. Totalitas. Itulah dia.
He set targets and pushed himself towards them. Supel, mudah bergaul, tapi masih tetap jaga wibawa. Orangnya perhatian. Selalu turun tangan kalau dimintain bantuan. Diapresiasi senior dan dihormati juniornya. Obsesinya adalah punya album sendiri dan bikin konser. Sangat ngefans sama Armad Maulana dan Gigi.

Rizky Rahmayanti – Adik angkatan dan pendemung yang handal di PSTK ITB

Terus buat mas Yoni, i am pretty much sure that you will be a great husband and father also one day. You were allready a great brother for me. She, the one that will be your wife, is different than other women in the world. That is why you have to treat her differently also. Treat her like a princess (eveeeryyyy giirll like to be treated like a princess) and consider her like a queen.

Diana Farisah Rahman – Adik angkatan dan pemeran Dewi Sinta di Sendratari 40 tahun PSTK ITB

It seems like just yesterday when I asked “who is the girl?” to Yonny. At that time, Yonny also suprised me with no “plan B” for his big project in 2013. Many people that I know will execute the machine gun strategy, while he run the sniper strategy. It’s a very risky way, but that just show who Yonny is. Focus and not give up. And now two of you will held wedding ceremony soon (^-^).

Olivica Priyono – Senior ITB yang jadi Junior di Inje University

Dia tipe yang straight forward, ga muter2 orangnya. tipe pemimpin yang bener2 bisa ngarahin juniornya. dia ini kalo ngomong tegas yaa cenderung keras tapi yaa beralasan kerasnya, misal kalo lagi ngarahin juniornya karena riset yang dilakukannya keliru. oiyaa sifat kerasnya ini kata dia, dia dapatnya karena didikan orang tuanya yang memang berlatar belakang militer, jadi wajarlah karakternya demikian. tapi anehnya dibalik sikapnya yang tegas cenderung keras ini, dia termasuk juga kedalam tipe laki-laki melankolis. bukan bukan.. bukan tipe yang nangis-nangis pas nonton sinetron (itu mah aku hehe :P) tapi yang memikirkan secara mendalam apa yang akan dilakukannya, pun terkadang terbawa suasana perasaan dia sendiri. Orang ini pun menurutku orang yang romantis, coba saja liat pas dia lagi kesengsem sama satu perempuan, hihi alhamdulillah perempuan ini akan diresmikan statusnya dalam waktu dekat, dia pernah tunjukan satu potonya dimana dia nulis nama perempuan itu dengan cahaya laser atau apalah itu. Jarang-jarang ada laki-laki yang mau lakuin itu buat nunjukin perasaan dia. eniwei perempuan suka sama tipe laki-laki yang bisa mengekspresikan perasaannya, karena hal kecil itu buat perempuan dinilai sangat romantis, tapi jangan keseringan yaa bisa eneg juga. Terlepas dari kehidupan romantis melankolis dia, di ranah riset dan akademisnya (karena ranah ini yang aku cukup tau) dia juga bukan orang sembarangan, anak emas professor lah :P. Dia sih bilang memang pengen membawa nama baik Indonesia di Korea ini, jadi dia bener-bener bekerja keras buat nunjukkin betapa Indonesia masih punya martabat didepan bangsa lain. Jadi tempat bertanya seisi lab, tentang coding mengoding ataupun tentang pengoreksian bahasa inggris dalam pembuatan paper.

Jadi inget pas pertama kali ketemu, waktu itu tanggal 26 Februari 2013 ya! hampir setahun yang lalu pas aku baru sampai Korea dan dia membantu ku terkait kuliah, lab dan lainnya. Bukan tipe yang selalu bantu bahkan cenderung memanjakan tapi tipe yang memandirikan juniornya. Dialah Yonny Septian Izmantoko si penyuka Band GIGI dan selalu update blog yang disertai bnyak proyek yang ingin dia lakukan.

Tulisan ini dibuat karena dia minta untuk dimasukan ke web pernikahannya, semoga lancar yaa prosesnya dan dimudahkan setiap urusannya mas. Doakan junior mu ini, semoga bisa bertahan untuk meriset dan belajar semampunya 🙂

Agustien Mulyantini – Junior di Medical Image Technology Lab

Salah satu teman yang saya kenal melalui PERPIKA adalah bos saya di kementrian PSDA, Yonny Septian. Saya pertama kali tahu Yonny dari blog yang di-share oleh seorang teman lain di Facebook. Kemudian saya lebih mengenal Yonny setelah saya menjadi staff-nya di PERPIKA 1213. Pertama kali berinteraksi dengan Yonny tentunya saat rapat pertama kementrian PSDA lewat Skype. Kesan pertama, Yonny bisa memimpin rapat tapi sulit mengendalikan rapat. Kementrian PSDA PERPIKA 1213 itu isinya orang-orang yang sangat kuat mempertahankan pendapat masing-masing, termasuk saya, di sinilah kelemahan Yonny. Dia sulit membendung dan mengendalikan adu argumen antar staff PSDA. Tapi itulah serunya rapat PSDA yang selalu bikin kangen.
Kelebihan lain dari bapak Bos adalah tegas tapi fleksibel. Yonny tegas dalam menentukan suatu deadline, tapi ketika di akhir deadline ternyata target yang dibuat belum tercapai, dia bisa fleksibel. Sikap fleksibelnya juga terlihat di saat rapat PSDA. Di antara kementrian-kementrian PERPIKA 1213, cuma kementrian PSDA yang punya sesi curhat di akhir rapat. Ironisnya, sesi curhat ini yang justru selalu dinanti-nanti oleh semua staff PSDA.

Di suatu sesi curhat setelah rapat, tiba-tiba Yonny mencetuskan keinginan untuk menikah di tanggal 11-12-13. Semua staff PSDA pun senang sekaligus kaget, karena saat itu Yonny masih jomblo, hahaha. Dia meminta bantuan kepada semua staff PSDA untuk mencari calon pendamping. Ada tujuh syarat yang dibuat oleh Yonny tapi saya lupa, salah satu syaratnya adalah perempuan. It’s an obvious but one of the most important requirements, hahaha. Berawal dari rencana inilah pencarian Yonny akan calon pendamping hidup dimulai. Sayangnya kami para staff PSDA tidak bisa memberikan calon yang cocok. Alhamdulillah-nya, senior Yonny berbaik hati mau mengenalkan pada calon pendamping yang ternyata cocok. Dimulailah perjalanan Yonny menuju realisasi rencana 11-12-13. Para staff PSDA pun menyambut gembira berita positif ini. Walaupun awalnya Yonny masih malu-malu untuk bercerita, hahaha.

Mirah Fadillah, S.T. – Teman PSDA Perpika 2012/2013

Dear Yonny…

Hallo Yonny apa kabar? Semoga lo dalam keadaan baik-baik aja.
Gw di sini juga dalam keadaan baik-baik aja dan masih terus berjuang.

Gw jadi inget banyak hal nih…
Gw sebenarnya udah kenal lo sejak bulan-bulan pertama gw di Korea, pertemuan pertama kita seingat gw di Kumpul Perpika Wilayah 3 Spring 2012. Gw ga nyangka kalo lo itu lebih muda dari gw, soalnya lo udah lebih dulu di Korea, jd ya gw kirain lo lebih tua atau seumur sama gw… Apalagi waktu itu lo duduknya di sebelah Andy ‘Boy’ Tirta pula, hehehe…
Tapi, waktu itu gw blom gitu kenal lo banget…

Gw dapet kesempatan mengenal lo lebih banyak pas kita sama-sama berada di Kementerian PSDA 2012-2013. Gw inget banget pertama kali Permata ngenalin lo ke kami-kami, jujur ya lok, gw awalnya ga yakin dengan lo… (maaf) soalnya lo masih muda –paling muda dari antara anak-anak PSDA- apalagi seperti yang lo tau, teman-teman PSDA itu tipe yang punya pendirian teguh dan cenderung ngotot dan dengan pengalaman organisasi yang ga main-main.
Tapi, lo membuktikan bahwa gw salah…
Lo punya jiwa kepemimpinan. Lo bisa memimpin kami, yang notabene lebih tua dari lo, bisa menjembatani perbedaan pendapat di antara para anggota PSDA.
Dan walau lo orangnya tegas, lo juga fleksibel, dan satu yang paling gw suka dari lo, lo ga bossy.
Lo bahkan dengan senang hati ikut ngerjain tugas-tugas PSDA.
Lo juga orangnya panjang sabar yon, dan pengertian pula… Gw ga ngerti sebenarnya gimana lo bisa segitunya… Gw tau diri banget selama gw jadi anggota PSDA gw sering absen rapat dan sering juga ga bisa bantu kerjaan. Dan lo, ga ngeluh, ga marah-marah, bahkan lo ikut kerja.
Lo juga orangnya cerdas dan pandai ngatur waktu.
Soalnya dengan kerjaan lab yang seabrek, paper, konferens, kuliah, lo masih punya waktu buat bergaul, berorganisasi. Dan bisa ngehandle semuanya. Mengagumkan lo yon… Apa sih resepnya?
Banyak hal yang menarik dari lo, termasuk senyuman lo, kombinasi antara orang pede dan iseng.

Tapi, lo itu juga gampang terikut arus. Dari beberapa kali rapat, seperti yang pernah Mirah tulis, lo sulit mengendalikan jalannya rapat. Dan lo cenderung ga berani untuk mempertahankan pendapat lo. Gw suka sih dengan ke-fleksibel-an lo, tapi ada kalanya lo harus bertindak tegas dan berani mempertahankan pendapat lo, terutama ketika lo berperan sebagai pemimpin.

Dan satu yang paling bikin gw mengernyitkan alis, lo suka bergosip.
Lo termasuk satu dari sekian banyak orang yang tau berita terupdate tentang orang lain, terutama tentang hal yang tidak begitu baik dari orang tersebut. Alangkah lebih baiknya jika hal yang ini bisa dihilangkan.
Dan lo juga suka PHP. Mana janji lo nyanyiin lagu “You got friend in me” Toy Story, untuk gw???

Fidelia Sihombing – Teman PSDA Perpika 2012/2013

Yonny Septian Izmantoko,S.T.,M.C.Sc.

ini anak, pertama kali ketemu di acara alumni Teknik Elektro ITB di PNU, dan selama bbrp bulan menjadi mahasiswa “the one and only” di ibukota kerajaan Gaya yang punya bandara internasional. Ini anak PeDe abis dah ke PNU sendirian dari Gimhae mana ga ada yang seangkatan lagi pas itu jadi anak yg baru lulus trus ke Korea katanya. Ini anak aktif ngumpul-ngumpul di acara mahasiswa Indonesia di Korea Selatan, sejak era Anne jadi lurah trus jadi doski jadi menteri dalam negeri alias PSDAnya kabinet Perpika 1213nya Mata (yang seniornya dia juga). Trus berjalannya waktu ni anak ternyata memang suka keluyuran sendiri di Korea terutama Trayek Gimhae-Seoul sampe pramugari kereta apinya kenal kali ama doski. Ga brenti di Perpika ni anak gitu2 jg berbakti jadi tutor di UT Indonesia cabang Korea di jurusan bahasa Inggris dan akhirnya berhasil ngibulin salah satu seniornya buat kuliah di Injae nemenin dia sekaligus ngajar jg di UT kkkk.

Yonny penggemar berat Gigi ato lebih tepatnya diehard fansnya Armand Maulana sampe nicknamenya aj Joni Maulana kkk tp memang cocok sih suara doski meski ga sekuat Armand layak tampil dibeberapa acara kampus dan mahasiswa di Korea… kerenn boz lagu2nya jg. Oya ni anak farewell party juga keren, jalan2 bareng anak PSDA (minus Iput tapi plus saya) ke Gyeongju, muterin Gyeongju sampe gempor bo’ ni kaki. BTW ni anak juga salah satu ikon jomblo berkualitas Perpika, tp bentar lagi mo melepas masa lajangnya dan melempar album (slain album poto nikah juga rekamannya) lewat projek berkode tanggal.

Kerenn kmu Yon, tetap bersemangat, berkarya dan smoga lancar acara2mu

Bangun IRH – Pak Dosen dan Teman Jalan-jalan di Korea

Alhamdulillah akhirnya sudah menemukan tulang rusuknya yg hilang,, memang jika diawali dgn tujuan yg serius dan aksi yg jelas jadi lbih cepet menemukannya.., sampe2 tiap weekend subang-bandung pp, mencari rumus biaya parkir yg efisien, dan perjuangan2 lain yang membuat saya teringat lagunya tegar, “yonny yg dulu bukanlah yang sekarang” mungkin mas wahid, mas mpik, mas faris, merasakan hal yg sama dengan yang saya rasakan *peace brow

Nova Indra Gunawan – Sobat sejak SMA, teman cerita selama di Bandung

Yonny itu.. Obsesi vokalis (saat yang lain obsesi bisnis doi anti mainstream). Sukses yon, kapan rekaman? :p. Obsesi pembalap (jangan dikira pemuda berbadan gelap ya) ayo mobilan Solo-Bandung meneh. Terakhir, Yonny itu dewasa dan apikan, senang mentraktir teman-temannya. Amin.

Wahid Lalang Buana – Sobat sejak SMA yang kamarnya saya inapi selama PP Subang-Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: